Para Petinggi Oi Pertiwi
PARA PETINGGI Oi PERTIWI
Angga Taufik ( Perintis ) Melanjutkan Pendidikan Di Universitas Siliwangi Tasikmalaya
Cudey Pancasona ( Angkatan I ) Melanjutkan Pendidikan Di STIE STEMBI Bandung / Bandung Bussines School
Achmad Sidik Permana ( Angkatan II ) Melanjutkan Pendidikan Di Universitas Pendidikan Tasikmalaya
Aris Nurrahman ( Angkatan III ) Melanjutkan Pendidikan Di Politehnik Kesehatan Tasikmalaya
Galih Guntara ( Angkatan IV ) Melanjutkan Pendidikan Di Universitas Pendidikan Bandung
Muhammad Eki Ramdani ( Angkatan V ) Melanjutkan Pendidikan Di Universitas Siliwangi Tasikmalaya
Imam Pirmanda ( Angkatan VI ) Melanjutkan Pendidikan Di STIKES MUHAMADIAH Tasikmalaya
Dzwiky Khermawan ( Angkatan VII ) Melanjutkan Pendidikan Di Sekolah Kemiliteran Palembang
Bima Sakti Bintang Perkasa ( Angkatan VIII ) Melanjutkan Pendidikan Di Universitas Pendidikan Indonesia Tasikmalaya Jurusan Matematika
Lucky Herdiansyah (Angkatan IX)
Angga Taufik ( Perintis ) Melanjutkan Pendidikan Di Universitas Siliwangi Tasikmalaya
Cudey Pancasona ( Angkatan I ) Melanjutkan Pendidikan Di STIE STEMBI Bandung / Bandung Bussines School
Achmad Sidik Permana ( Angkatan II ) Melanjutkan Pendidikan Di Universitas Pendidikan Tasikmalaya
Aris Nurrahman ( Angkatan III ) Melanjutkan Pendidikan Di Politehnik Kesehatan Tasikmalaya
Galih Guntara ( Angkatan IV ) Melanjutkan Pendidikan Di Universitas Pendidikan Bandung
Muhammad Eki Ramdani ( Angkatan V ) Melanjutkan Pendidikan Di Universitas Siliwangi Tasikmalaya
Imam Pirmanda ( Angkatan VI ) Melanjutkan Pendidikan Di STIKES MUHAMADIAH Tasikmalaya
Dzwiky Khermawan ( Angkatan VII ) Melanjutkan Pendidikan Di Sekolah Kemiliteran Palembang
Bima Sakti Bintang Perkasa ( Angkatan VIII ) Melanjutkan Pendidikan Di Universitas Pendidikan Indonesia Tasikmalaya Jurusan Matematika
Lucky Herdiansyah (Angkatan IX)
Selasa, 10 November 2009
seputar Seni
Disadari maupun tidak dalam kehidupannya manusia tidak terlepas dari tiga proses pokok, yang berupa aktifitas. Aktifitas yang bersifat teoritis, aktifitas yang bersifat praktis dan aktifitas yang bersifat puitis.
pertama > AKTIFITAS YANG BERSIFAT TEORITIS yaitu aktifitas yang dilakukan karena terdorong oleh rasa ingin tahu terhadap apa yang dilihat, dialami dan dirasakan terhadap fenomena yang dihadapi sehari-hari---->misal : peristiwa terjadinya siang malam, adanya musim--->hingga manusia membuat tempat tinggal, busana dll.
proses kedua > AKTIFITAS YANG BERSIFAT PRAKTIS yaitu sebagai kelanjutan dari aktifitas yang bersifat teoritis, merupakan realisasi dari pengetahuan yang didapat sebelumnya untuk membuat barang guna yang kemudian dapat membantu memperingan, mempermudah dan mempercepat pekerjaan sehari-hari---->misal : adanya jarak---->hingga manusia menciptakan motor, mobil dll.
proses ketiga > AKTIFITAS YANG BERSIFAT PUITIS.yaitu aktifitas ayau kegiatan manusia yang melibatkan perasaan manusia yang penerapannya dalam bentuk PENGUNGKAPAN ATAU PENIKMATAN KARYA SENI. Ditinjau dari segi bahasa " PUITIS " berasal dari bahasa latin POETIKA --> yaitu orang yang mampu merasakan dan mengungkapkan keindahan. menurut ARISTOTELES kata " poetika " berarti juga seni.
BERBAGAI PENDAPAT MENGENAI
Dari segi bahasa menurut PADMA PUSPITA kata seni berasal dari bahasa BELANDA " GENIE " dan genie ini jika ditelusuri berasal dari bahasa LATIN " GENIUS " (yang artinya orang jenius) ==>adalah orang yang sejak dari kelahirannya mempunyai kemampuan yang menakjubkan. SENI MERUPAKAN HASIL DARI PROSES KREATIF YANG DILAKUKAN OLEH MANUSIA (SENIMAN)
Soedarso SP dalam bukunya " Tinjauan Seni " antara lain menjelaskan bahwa secara terminologis
ada yang menyebutkan bahwa seni berasal dari kata " SANI " bahasa sansekerta yang berarti pemujaan, pelayanan, donasi, permintaan atau pencarian dengan hormat dan jujur.-->Syilpa (bahasa sansekerta) berwarna-->su-syilpa berarti dilengkapi dengan benrtuk-bentuk yang indah atau dihiasi dengan indah-->segala macam kekaryaan yang artistik SYILPASASTRA-->pedoman atau buku patokan bagi para syilpin (para tukang termasuk seniman) Di Dunia Barat dikenal dengan istilah "ars-->ars adalah tehnik atau craftsmanship yaitu ketangkasan dan kemahiran dalam mengerjakan sesuatu. artes-->kelompok orang yang memiliki kemampuan tersebut. artista-->anggota yang ada dalam kelompok-kelompok tersebut ( ARTSIS = SENIMAN )
ALEXANDER BAUMGARTEN filsuf kebangsaan jerman (1714-1762) SENI adalah KEINDAHAN-->karya yang berujud /berbentuk yang bertentangan dengan rasa kesenangan dan keindahan dianggap bukan karya seni.
ARISTOTELES ( hidup abad VI sebelum masehi) SENI adalah imitasi dari alam " ARS IMITATUR NATURAM "-->kodrat manusia sejak dari kanak-kanak hingga dewasa adalah meniru dengan meniru manusia merasa bahagia, nikmat sekalipun obyeknya sendiri kurang menarik " hasil tiruanya kurang menarik
BENEDETTO CROCE Seni adalah intuisi, penciptaan keindahan pada hakekatnya adalh proses kejiwaan.
KI HAJAR DEWANTARA--> Seni adalah perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaanya dan bersifat indah, hingga dapat menggerakkan perasaan manusia.
HERBERT READ berpendapat bahwa seni itu tidak harus dihubungkan dengan keindahan, baik itu dipandang secara historis (karya seni masa lampau) ataupun dipandang dari sudut sosiologis (manifestasi hasil seni masa kini)
SENI merupakan hasil dari proses kreatif yang dilakukan oleh manusia (seniman)
KONSEP SENI ATAU DEFINISI SENI SANGAT BERAGAM BAHKAN ADA YANG BERTENTANGAN. HAL INI MENUNJUKKAN DEFINISI SENI TIDAK MUNGKIN DISERAGAMKAN ATAU DIBUAT TUNGGAL ATAU UNIVERSAL (MEWAKILI SEMUA) MASING-MASING DEFERNISI MEWAKILI BAIK JENIS, SIFAT MAUPNN BENTUK SENI SESUAI DENGAN KONDISI SERTA JAMANNYA
TEORI OBYEKTIF DAN TEORI SUBYEKTIF
TEORI OBYEKTIF = teori yang menempatkan keindahan pada OBYEK karya seni, keindahan terdapat pada benda yang diamati. teori ini dianut oleh PLATO dan HEGEL ~ terciptanya nilai keindahan disebabkan oleh terpenuhinya pertimbangan antara bentuk-bentuk pada sebuah karya (benda seni)
TEORI SUBYEKTIF = teori yang berpendapat keindahan itu sifatnya rohaniah, tidak dimiliki oleh obyek (benda) yang bersifat fisik
KREATIFITAS adalah kemampuan untuk menemukan, membuat, merancang serta memadukan gagasan baru atau lama menjadi bentuk kombinasi yang baru.
KREATIFITAS adalah salah satu kemampuan manusia yang dapat membantu kemampuan-kemampuannya yang lain, hingga sebagai keseluruhanya dapat mengintegrasikan / memadukan rangsangan(stimuli) luar " apa yang telah dialaminya dari luar saat ini / sekarang" dengan rangsangan (stimuli) dalam "apa yang telah dimiliki sebelumnya / memori "sehingga tercipta kebulatan yang baru" (PRIMADI, 1978)
KREATIFITAS adalah SEBUAH PROSES ~ tidak da seorangpun yang tiba-tiba saja menemukan sesuatu tanpa rangsangan tanpa adanya rangsangan (STIMULI) yang mendahuluinya.
KREATIFITAS adalah merupakan suatu titik temu antara manusia dengan lingkungannya~sebagai hasil imajinasi yang dipengaruhi oleh kodratnya sebagai manusia yang diberi akal serta pikiran oleh Allah SWT sehingga manusia selalu ingin mencari jalan keluar.
Menurut Dr. LL THURSTONE dalam pekerjaan kreatrif intelegensitas yang sangat tinggi tidaklah sama dengan yang memiliki bakat.
Menurut Drs. KATJIK S. ~ kreatifitas seni dan kreatifitas tehnologi dalam proses tahapanya hampir sama (tidak sama persis) dalam karya seni mengandung faktor emosi, sedangkan pada tehnologi mengandung faktor rasio atau eksak tetapi keduanya mengandung faktor logika walaupun kadar logikanya kadang-kadang berbeda.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Oi Bersatulah...!!!
silahkan beri komentar untuk posting ini..!!